Wednesday, 1 May 2013

Cara Menghafal

Diskusi 7 (Kiat Menghafal)
Belajar Pada Potensi diri Sendiri (Menyingkap Rahsia Otak Manusia Part 2)

Bissmillah...
ada satu fakta yang telah ditegaskan oleh para ahli ilmu mengenai otak manusia. dimana sesungguhnya 10 juta sel syaraf tersembunyi dalam otak. selanjutnya meraka(Para Ahli) mengatakan ada beberapa informasi penting mengenai otak yaitu:
1. sesungguhnya otak manusia dapat melakukan 400 juta tugas menghitung dalam 1 menit.
2. setiap manusai dapat mengolah hingga 30 juta informasi dalam setiap detik.
3. kemampuan akal manusia untuk menyampaikan informasi menyamai 60 ribu mil kawat dan kabel yang kita gunakan untuk menyampaikan informasi(seperti pada telpoon Kabel).
4. kebanyakan manusia memiliki 28 juta neuron. neuron adalh sel-sel syaraf yang bertugas untuk menejalnkan dorongan syarf.
nah,,, setelah sya urai beberapa hal keajaiban otak yang telah di buat oleh tuhan kita.. tak ada halangan bagi kita untuk bisa mencapai cita-cita kita berupa hal bisa mengahafal al-qur'an.. kita hanya cukup bersabar dan bersungguh-sungguh...
tak ada yang tak mungkinjika Allah yang berkehendak.. ok sobb...
Rujukan Kitb Tahfidzul Qur'an Fi Syhr.
Diskusi 8 (Kiat Menghapal Al-Qur'an)
Sudahkah Anda Merasa Puas dengan Hafalan Anda???

Bissmillah
Pagi ini sengaja saya angkat tema seperti ini,agar bisa menjadi tolak ukur bagi kita yang sedang belajar menghafal al-qur'an. dimana seperti yang telah kita rasa, bahwa ketika kita sedang menghafal al-qur'an banyak kendala atau rintangan, namun pada kenyataannya, setelah kita teguh dan kukuh dengan keyakinan kita, pada akhirnya hafalan yang sebelumnya kita anggap susah menjadi mudah, alias terhafal.
bukan hanya anda, namun saya juga terkadang merasa puas dengan jumlah hafalan yang telah kita hafal sekarang, yah meskipun jumlah hafalan kita masih relatif jauh atau bisa di katakan jauh dari target 30 Juz, namun manakala kita sudah berjuang dan berusaha keras menghafal satu surat atau lebih dan berhasil menghafal surat tersebut ada sebersit rasa bangga berbuah keberhasilan yang kita inginkan jauh sebelum kita mencoba mengahafal.
nah yang jadi pertanyaan disini adalah, Sudahkah Anda merasa Puas dengan Hasil Hafalan Anda?
jika kita di tanya pertanyaan tersebut maka ada dua kemungkinan yang harus kita pikirkan.
pertama, jikalau pertanyaan ini kita kaitkan dengan tasyakur (syukur), maka kita wajiblah puas dengan tanpa mengurangi rasa syukur kita kepada Allah, karna tanpa kita sadari, kita bisa menghafal satu surat dari sebagian surat-surat al-Qur'an adalah merupakan satu karunia Allah yang sudah sepantasnya kita syukuri.
Kedua, jikalau pertanyaan ini dikaitkan dengan tujuan dan motivasi kita yakni menghafal 30 Juz, kalau menurut saya, masih jauh di katakan Puas. namun dibalik itu semua itu lah kita bisa menjadikan tolak ukur, atau sebuah motivasi dalam diri kita bahwa tanpa kita sadari perjalanan dan perjuangan kita ini masih jauh, dan masih banyak rintangan yang akan kita hadapi.
untuk itu sudah pantaslah sembari kita berjuang,haruslah di iringi dengan do'a dan rasa tawakkal yang tinggi kepada Allah. yang pada akhirnya Allahlah yang akan menilai layak dan tidak layaknya kita memiliki Status Atau Predikat Sebagai Para Penyerunya Yakni Seorang Tahfidz..(penghafal Al-Qur'anil Karim).
Oleh Miftahul Ulum (...See Next)
Moga bermanfaat....
 

0 komentar: