DINAS
PENDIDIKAN
UPTD
PENDIDIKAN KECAMATAN LELES
SEKOLAH DASAR NEGERI . . . . . . . . . . . .
. .
ULANGAN
TENGAH SEMESTER I
TAHUN
AJARAN 2011/2012
Nama :
No.
Absen :
|
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : V (Lima)
Hari/Tanggal : Selasa /18 Oktober 2011
Waktu : 07.30-09.30
Untuk
soal nomor 1 - 5 lihat bacaan dibawah ini !
Si Jenius Cilik
Jacob
Barnett atau biasa dipanggil Jake, usianya baru 12 tahun namun, ia sudah
kuliah. Sejak kecil Jake sudah memperlihatkan kejeniusannya. Sewaktu berumur 14
bulan, Jake sudah berpikir ingin menghitung volume kotak sereal. Lalu, saat
berumur 3 tahun, ia sudah menyusun 5.000 keping puzzle. Beberapa tahun
kemudian, ia belajar sendiri kalkulus, aljabar, dan geometri dalam dua minggu.
Pada umur 8 tahun, Jake sudah lulus SMU.
Kini
Jake kuliah di Universitas Indiana - Universitas Purdue di Indianapolis,
Amerika. Ia mengambil jurusan astrofisika. di kampus, teman-temannya tentu saja
kakak - kakak mahasiswa itu sering minta diajari Jake dalam pelajaran yang
sulit.
Para
profesor yang menjadi dosennya pun kagum padanya. Mereka bilang, Jake selalu
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang cerdas dan mendetil. Rencananya, para
profesor itu akan mengangkat Jake sebagai peneliti di Universitas Indiana.
Selama
ratusan tahun, sudah banyak ilmuwan yang membuat teori Big Bang, yaitu teori
terciptanya alam semesta. Nah, saat ini, Jake sedang mengerjakan teori
ciptaannya sendiri. Salah satu profesor di Universitas Indiana mengamati teori
yang dikerjakan Jake. Menurutnya, teori yang dikerjakan Jake sangat sulit. Ia
bilang, jika Jake berhasil menyelesaikan, ia bisa menjadi calon penerima Nobel.
I. Jawablah pertanyaan dibawah ini !
1. Siapakah tokoh yang dijuluki Si Jenius Cilik
itu ?
2. Dimanakah Jake berkuliah ?
3. Apa yang dilakukan Jake saat berumur 3 tahun ?
4. Mengapa
para profesor mengagumi
Jake ?
5. Bagaimana menurut pendapat salah satu profesor
jika Jake berhasil mengerjakan teori Big Bang ?
II. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,
atau di depan jawaban yang benar !
Untuk soal nomor 6-10 bacalah percakapan
di bawah
ini !
Rayqa : “Dit, ayo, kita beli makanan di kantin!”
Didit : “
Saya bawa makanan, kamu saja yang ke kantin.”
Rayqa : “Dit,
kamu tidak punya uang, ya?”
Didit :
“Punya, setiap hari ibu memberikan uang
jajan.”
Rayqa : “Lalu,
mengapa diajak tidak mau ?”
Didit :
“Saya sudah bawa bekal dari rumah. Uang jajannya akan saya tabungkan.”
Rayqa : “ Kita kan masih kecil. Untuk apa menabung.
Kalau mau membeli sesuatu, kita minta ayah dan ibu. Gampang kan ?”
Didit : “ Memang gampang minta kepada orang tua,
selama orang tua kita mempunyai uang, tapi bagaimana kalau kita
membutuhkan sesuatu orang tua tidak mempunyai uang. Kalau kita sudah
dibiasakan menabung dari sekarang, kita tidak akan kesulitan
membutuhkan uang.”
Rayqa : “Benar
juga yang dikatakan kamu! Kita harus bisa menyisihkan uang untuk ditabung.
Didit :
“Syukurlah, kalau kamu mengerti!”
6. Watak Didit pada teks percakapan di atas
adalah ....
a. boros c. pelit
b. hemat
d. berlebihan
7. Latar tempat percakapan di atas yaitu ....
a. kantin c. halaman
b. sekolah d. kelas
8. Alasan Didit tidak mau diajak ke kantin yaitu
.....
a. sudah
membawa bekal makan dari rumah dan uang jajannya akan ditabung.
b. tidak
mempunyai uang jajan karena tidak diberi oleh ibunya.
c. Didit
sudah sarapan cukup kenyang sehingga masih kenyang.
d. Didit
tidak pernah jajan di kantin.
9. Amanat dari percakapan di atas yaitu ....
a. Harus
membawa bekal makanan dari rumah
b. Uang
jajan tidak boleh dihambur-hamburkan.
c. Kantin
adalah tempat untuk membeli makanan.
d. Kita harus menyisihkan uang jajan untuk
menabung.
10. Judul yang tepat untuk percakapan di atas
yaitu ....
a. Uang
Jajan c. Manfaat Menabung
b. Rayqa
dan Didit d. Kantin Sekolah
11. .... ditinggal pergi oleh ibunya, anak itu
menjadi pemurung.
Kata depan yang tepat untuk melengkapi
kalimat di atas yaitu ....
a. sejak b. pada c. dengan d. ketika
12. Seima :
“ Nanti malam kita nonton, yuk !
Rheissa :
“ ....
Seima :
“ Di lapangan, ada pentas seni dalam rangka Hari Sumpah Pemuda.
Kalimat yang diucapkan Rheissa untuk
melengkapi percakapan di atas adalah ....
a. Lain
kali saja, saya sedang sibuk
b. Ayo,
kapan kita pergi
c. Dimana
nontonnya ? dan ada acara apa ?
d. Acaranya
seru tidak ?
13. di bawah ini yang merupakan kalimat penutup pada
surat undangan ulang tahun yaitu ....
a. Teman-temanyang
baik, datang ya di hari ulang tahunku.
b. Ulang
tahunku yang ke 11
c. Datang,
ya! Aku sangat menanti kehadiran kalian.
d. Halo
kawan, bagaimana kabarmu hari ini
Untuk nomor 14 - 17 bacalah cerita rakyat
di bawah ini !
Semangka Emas
Dahulu kala, di Sambas hiduplah
seorang saudagar yang kaya raya. Saudagar tersebut mempunyai dua orang anak
laki-laki. Anaknya yang sulung bernama Muzakir, dan yang bungsu bernama
Dermawan. Muzakir sangat loba dan kikir. Sedangkan Dermawan suka bersedekah
kepada fakir miskin.
Sebelum meninggal, saudagar tersebut
membagi hartanya sama rata kepada kedua anaknya. Muzakir segera membeli peti besi
untuk menyimpan uangnya. Dermawan selalu menyedekahi fakir miskin yang datang
ke rumahnya. Sampai akhirnya uang warisan ayahnya habis. Dermawan menjual
rumahnya dan harus bekerja keras.
Suatu
hari Dermawan duduk-duduk melepaskan lelah di pekarangan
rumahnya. Tiba-tiba jatuhlah seekor burung pipit di hadapannya. Burung itu
mencicit-cicit kesakitan “Kasihan,” kata Darmawan. “ sayapmu patah, ya?” lanjut
Dermawan. Dirawatnya burung itu penuh kasih sayang. Beberapa hari kemudian
burung pipit itu sembuh. Burung pipit memberi Dermawan sebutir biji semangka.
Biji itu segera ditanamnya. Anehnya
semangka hanya berbuah satu tetapi sangat besar. Setelah masak semangka itu
dibelah. Didalamnya terdapat banyak sekali buturan emas. Dermawan senang
sekali, ia menari-nari kegirangan.
Muzakir ingin semangka emas seperti milik
Dermawan. Muzakir memperoleh sebutir biji semangka dari burung
pipit. Biji segera ditanam
di belakang rumah. Beberapa hari
kemudian semangkanya dipanen,
tetapi ketika dibelah, dari
dalam semangka tersebut
menyembur lumpur dan
kotoran yang bau. Baju mewah
Muzakir menjadi motor. Orang
yang melihat menertawakannya.
14 Amanat
dari cerita rakyat
di atas adalah....
a Jangan menjadi
orang yang kikir
karena akan merugikan
diri sendiri dan
. orang lain
b. Harus menolong
burung yang sayapnya
patah.
c. Seorang ayah
harus membagi harta
kepada anak-anaknya
d. Uang harus
disimpan di dalam
peti besi
15. Perbedaan
watak tokoh pada
cerita di atas
adalah....
a Muzakir sombong, Dermawan kikir.
b Muzakir
suka
bersedekah, Dermawan kikir
c Muzakir loba
dan kikir, Dermawan suka
bersedekah
d. Muzakir suka
menolong,Dermawan sangat baik
16. Cerita
rakyat di atas
berasal dari daerah...
a. Lampung b. Bali c. Jawa
Barat d. Sambas
17. Tokoh
antagonis pada cerita
di atas yaitu....
a. Dermawan b. Muzakir c.
Saudagar kaya d.
Burung Pipit
18. Sudah
seminggu ibu dirawat
di rumah sakit
karena penyakit hipertensi
yang dideritanya.
Yang
dimaksud hipertensi yaitu...
a. sakit kepala c. kekurangan
zat besi
b. tekanan darah
tinggi d. sakit perut
Untuk
nomer 19 dan
20, bacalah penggalan puisi
di bawah ini !
Di masa
pembangunan ini
Tuan
hidup kembali
Dan bara
kagum menjadi api
Di depan
sekali Tuan menanti
....
19 Judul
puisi di atas
adalah....
a. Aku c
Diponegoro
b. Krawang Bekasi
d. Lagu Seorang
Gerilya
20. Puisi
di atas merupakan karya
salah seorang penyair
terkenal yaitu....
a. Taufik Ismail
c. Sanusi
Pane
b. W.S Rendra d.
Chairil Anwar
21. 1) Mudah-mudahan kita
selalu dalam keadaan
sehat.
2) Tolong simpan
buku ini di
atas meja !
3) Semoga ayah
berhasil dalam usahanya.
4) sebaiknya kamu
jangan terlambat datang
ke sekolah.
Kalimat
harapan terdapat pada
nomor...
a. 1
dan 2 b. 2
dan 3 c. 1 dan 3 d. 1 dan 4
22. Naomi
sakit perut karena
ia tidak sarapan
dan waktu istirahat
ia jajan rujak
yang pedas.
Tanggapanmu terhadap
pernyataan di atas
yaitu....
a. Setiap pagi
kita harus sarapan
dulu dan jangan
jajan sembarangan.
b. Kalau sakit
perut harus minum
obat.
c. Boleh saja
membeli rujak pedas
asal jangan berlebihan.
d. Kalau sarapan
dulu kita boleh
membeli makanan apa
saja.
23. Suasana
di sekolahku menyenangkan dan
mendukung kegiatan belajar
mengajar.
Pertanyaan yang
tepat untuk jawaban
di atas adalah....
a. Apa yang
terjadi di sekolahmu ?
b. Bagaimana suasana
di sekolahmu ?
c. Berapa orang
jumlah murid di
sekolahmu ?
d. Kapan kamu berangkat sekolah ?
24. Kuskus
beruang hidup di
Sulawesi dan terancam
punah. Kuskus beruang terancam
punah karena perburuan
dan habitatnya yang
hilang. Apalagi Kuskus beruang
betina hanya beranak 1
sampai 2 kali
setahun. Kuskus beruang juga
jarang kelihatan karena
hidupnya di ketinggian
hutan hujan tropis.
Kalimat
utama paragraf di
atas adalah....
a. Kuskus beruang
hidup di ketinggian
hutan hujan tropis.
b. Kuskus beruang
betina hanya beranak
1 sampai 2 kali
setahun.
c. Kuskus beruang
terancam punah karena
perburuan liar.
d. Kuskus beruang
hidup di Sulawesi
dan terancam punah.
25. Bibi
menangis tersedu-sedu ketika
menonton sinetron di
televisi. Bibi menonton kisah....
a. komedi b
horor c. tragedi d. laga
26. Perhatikan
percakapan di bawah
ini !
Yusril :
“Dit, kita ke rumah
Fazri yu !”
Aditya :
“Mau apa
ke rumah Fazri ?”
Yusril :
“Kita kan mau
mengerjakan PR Matematika.”
Aditya :
“Oh iya, aku lupa, ayo
kita segera pergi !”
Kesimpulan percakapan
di atas adalah....
a. Yusril mengajak
Aditya bermain ke
rumah Fazri.
b. Aditya tidak
mau pergi bersama
Yusril.
c. Yusril mengajak
Aditya mengerjakan PR
Matematika di rumah
Fazri.
d. Yusril mengajak
Aditya meminjam PR
Matematika kepada Fazri.
27. Indonesia
itu negeri kelapa,
pohon kelapa ada
dimana-mana,dari pantai hingga
pegunungan. Dari pohon kelapa
bisa disadap niranya. Dari
nira, bisa dihasilkan gula
merah yang mahal
harganya. Nira dihasilkan dari
mayang kelapa yang
belum mekar.
Berdasarkan paragraf
di atas bahan
untuk membuat gula
merah yaitu....
a. nira b.
mayang kelapa c. buah
kelapa d. pohon
kelapa
28. Jika
kamu mendapat tugas
mengamati cara-cara membuat
tempe, lokasi pengamatan yang
tepat adalah....
a. penjual tempe c. pemilik pabrik
tempe
b. pegawai di
pabrik tempe d. pabrik pembuatan
tempe
29. (1)
menentukan topik dan
nara sumber
(2
menentukan jadwal bertemu
dengan nara sumber
(3
menentukan daftar pertanyaan
(4)
menyiapkan alat tulis
atau alat rekam
Urutan
kegiatan di atas
merupakan langkah-langkah untuk
melakukan....
a.
wawancara b. pengamatan c.
diskusi d. kunjungan
Urutan
yang tepat untuk
gambar di atas
sehingga menjadi sebuah
cerita yaitu....
a.
2-3-1-4 b. 3-4-1-2 c.
3-1-4-2 d. 3-1-2-4
III Isilah tiitik-titik di
bawah ini dengan
jawaban yang benar !
31 Ayahku
sudah berkali-kali ikut
donor darah di PMI.
Donor
darah artinya....
32 Bencana
tanah longsor sering
terjadi di daerah
dataran tinggi.
Antonim
kata sering yaitu....
33 Adik
bersepeda ke sekolah.
Arti
awalan ber pada
kata bersepeda yaitu....
34 Trans
Studio Bandung diresmikan ... bulan
Juli 2011.
Kata
depan yang tepat
untuk melengkapi kalimat
di atas yaitu....
35 Sebelum
tampil para pemain
drama itu membaca
naskah drama.
Naskah
drama disebut juga....
36 Percakapan
yang dilakukan oleh
dua orang atau
lebih disebut....
37 Nayla
akan berulang tahun,
ia mengundang teman-temannya untuk
datang ke rumahnya.
Surat
undangan dari Nayla
termasuk jenis surat....
38 Kakek
datang dari desa
dan akan menginap ... seminggu di
rumahku.
Kata
depan yang tepat
untuk melengkapi kalimat
di atas yaitu....
39 “Semoga
semester ini nilaiku
lebih baik dari
semester kemarin.” Kata Diana.
Kalimat
di atas mengungkapkan....
Gambar di samping
adalah kegiatan yang
dilakukan oleh....
Kunci
Jawaban Bahasa Indonesia
Kelas V
I 1. Jacob barnett
atau Jake
2. Universitas Indiana-Universitas Purdue
di Indianapolis Amerika
Serikat
3. Dapat menyusun
5000 keping puzzle
4. Karena Jake
selalu mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
cerdas dan
Mendetail.
5. Jake bisa
menjadi calon penerima
Nobel
II 6 b 11.
a 16. d
21. c 26.
c
7 d 12.
c 17. b
22. a 27.
a
8 a 13.
c 18. b
23. b 28.
d
9. d 14.
a 19. c
24. d 29.
a
10 c 15
c 20 d
25. c 30.
d
.
III 31. Menyumbangkan darah
32. jarang
33. mengendarai
34. pada
35. skenario
36. dialog
37. pribadi
38. selama
39. harapan
40. nelayan
Kriteria penilaian
Bagian
I, setiap jawaban yang
benar diberi nilai
3, benar semua 5 x 3 =
15
Bagian II, setiap jawaban
yang benar diberi
nilai 1, benar semua 25 x 1 = 25
Bagian III, setiap jawaban
yang benar diberi
nilai 1, benar semua 10 x 1 = 10
Skor
Akhir : Jumlah
jawaban benar x 10
5
.
No comments:
Post a Comment