Wednesday, 1 May 2013

Kiat menghafal Al Quran

Diskusi 4 (Kiat Menhafal Al-Qur'an)
Ketika Allah Menurunkan Al-Qur'an, melalui Jibril Sebagai Perantaranya, dan Rasul Kita Sebagai Pelapalnya, memunculkan pemikiran saya bahwa sesungguhnya Al-Qur'an itu ada bukan hanya untuk di baca, di pahami, ataupun dimengerti, melainkan untuk dihafal, meskipun pada kenyataannya itu tidaklah wajib. namun apa salahnya freind kita yang notabanenya orang islam, apa gak merasa termotivasi untuk bisa menghafal kitab suci kebanggan kita ini. ingat ikhawan ddan akhwat kalau bukan kita siapa lagi.... insyaallah dengan cara ini kita akan bsa mengurangi ketidak beregunaan hidup kita dalam waktu yang mungkin relatif singakat.
Semangat Pantang Menyarah... Untuk Semua Saudara Ku yang Berniat Menjelankan Itu Semua. Kita Melangkah Untuk Baik Maka Berakhirpun Insyallah akan baik.. Akhirnya dengan berniat seperti itu, tanpa mengurangi dan melebihi kudratnya insyallah kita ada dalam naungan ridlonya Amin.
Ettzzz.. Forget
Silahakan bagi yang ikhlas dan ingin ikut berpartisipasi membagi sebagian kecil ilmu atau pengalaman yang dimiliki mengenai tehnik mengahafal Al-Qur'an, di isi di blog ini.
Terimakasih.
Diskusi 5 (Kiat Menghapal Al-Qur'an)
Faktor-Faktor Yang Dapat Membantu Menghafal Al-Qur'an dengan Mudah.

Bissmillah.
Ada bebrapa faktor yang perlu kita ketahui, agar daapat mempermudah kita dalam menghafal Al-Qur'an, diantaranya adalah :
Pertama, Konsisten untuk memakai satu mushaf (Al-Qur'an) saja, agar dapat membantu kita menghafal letak-letak ayat yang kita hafal. mungkin anda pernah mendapati sebagian orang yang dapat membaca Al-qur'an di luar kepala berkata bahwa ia mengetahui setiap letak ayat-ayat yang ia hafal dengan tepat. apakah ia berada di bagian halaman atas, bawah samping tengah.
maka, ketika anda mencoba mengganti mashuf yang sudah biasa anda pakai untuk menghafal dengan mashuf lain, seketika itu juga akal anda akan tercerai berai.

Kedua, Menyimak bacaan salah seorang (ustadz) yang bagus tajwidnya merupakan salah satu yang penting, bagi siapa saja yang ingin menguasai tajwid. karena yang kita hafal dan kita baca bukanalah tulisan biasa, yang tak bisa seenaknnya saja bisa kita baca. tentunya saudara, saudari lebih paham dan mengerti mengenai maslah ini yang tentunya tak perlu saya jelaskan secara panjang lebar. initnya untuk point kedua ini, ketika anda sedang berusaha mengahafal al-Qur'an, adakalanya anda memrlukan waktu istirahat, nah, ketika anda beristirahat, maka tak ada salahnya sambil kita rebahan, atau yang liannya, kita gunakan waktu rebahan itu dengan menyimpan headset atau earphone di kedua telinga anda dg mendengarkan bacaan Al-Qur'an para syaikh, mau itu syakh saad al-Ghamidi, Al-Misyri atau para syaikh yang ada di indonesia, dll. jadi dengan cara itu, waktu anda taka akan ada yang terbuang.
Ketiga, Menghafal sembari mentadaburi makna ayat yang kita hafal, cara ketiga ini juga sangatlah membantu, manakala anda lupa pada satu ayat, atau ragu-ragu dengan ayat selanjutnya yang akan kita baca, maka dengan kita sering mentadaburi mkananya, secra otomatis, anda akan bisa tahu, kalimah selajutnya yang harus anda baca..
Moga Bermanfaat, di lnjut lain waktu....
Kitab Rujukan Kitab Tahfidzul Qur'an Fi Syhr. Oleh Ir. Amjd Qosim.
 

0 komentar: