Wednesday, 1 May 2013

Menghafal Al Quran

Diskusi 2 (Kiat Menghafal Al-Qur’an)
Latihan Untuk Mengembalikan Kegairahan (Semangat) dalam Menghafal Al-Qur’an.

Bissmillahirrahman nirrohim.
Puji syukurku masih tetap dan akan selamanya tetap untuk tuhanku yang perkasa, yang pemurah, dan pemberi petunjuk. Berkat dialah hingga saat ini, kita selaku makhluk yang penuh dengan kealfaan masih di beri kesempatan untuk mereguk nikmat iman dan islam yang mulia. Shalwat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW, selaku ratu dari semua rasul, sultan dari semua nabi, dan tentunya selaku insan yang telah membawa petunjuk tuhan melalui kalam suci al-Qur’an.
Alahamdulilah untuk kedua kalinya, pada kesempatan kali ini saya di beri waktu sedikit untuk berbagi satu ilmu yang berkaitan dengan kiat-kiat dalam menghafal al-Qur’an. Adapun dari sebagian ilmu Allah yang saya dapat itu adalah mengenai TEHNIK ATAU LATIHAN MENGEMBALIKAN KEMBALI SEMANGAT DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN.
Seperti kita tahu, bahwa yang namanya menghafal itu adalh satu bentuk aktivitas yang secara garis besar melibatkan fungsi otak. Dari kegiatan ini, fungsi otak dituntut untuk bekerja keras untuk bisa menganalisa satu objek yang nantinya akan di simpan di memory otak kita.
Saat kinerja otak telah berjalan, maka secara sepontan tenaga yang ada di dalam tubuh kita akan terkuras, otomatis ketika tenaga mulai terkuras, maka rasa lesu dan letihpun yang akan kita alami. Inilah salh satu kendala yang mengakibatkan ketidak gairahan atau semangat ketika kita menghafal luntur. Untuk mengatasi ini maka sengja saya kutip dari satu buku karangan Ir. Amjad Qosim yang berjudul Tahfidzul Qur’an Fi Syhr”. Dalam bukunya ini Ir. Amjad mengatakan bahwa untuk mengembalikan semangat ketika menghafal pada akal, maka yang di perlukan adalh latihan yang dinamakan “ tamrin al-mukh (pelatihan akal). Diantaranya adalah :
1. perbanyaklah minum air putih, karena menurut penelitian, air putih memiliki peranan penting dalam mengembalikan gairah otak. Maka dari itu, apabila anda berada pada ruang belajar atau di dalam rumah, hendaknya dihadapan anda terdapat sebotol air putih ketika anda sedang menghafal.
2. menulis angka delapan (8) dalam bahsa inggris selama setengah menit sambil melihat ke ujung pena ; sekali dengan tangan kanan dan sekali dengan tangan kiri. Simple bukan.
Saya pastikan anda takan pernah percaya dengan dua latihan ini sebelum anda mencoba teman sendiri. Hehe..
Kelihatannya sedikit janggal, tapi silakan anda buktikan sendiri, insyaallah anda sendiri yang akan menenumakan jawab dari ketidak percayaan itu..

Selamat mencoba, dan tentunya semoga bermanfaat..
See you next time friend and don’t forget to say,, Kita Bisa, Dengan Berusaha.
Alahamdulilah… syukron….

0 komentar: