Saturday, 20 April 2013

Pendahuluan Makalah



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Mahabbah artinya cinta. Hal ini mengandung maksud cinta kepada Tuhan. Tentang mahabbah salah satunya dapat dijumpai dalam  surat  Al-Maidah ayat 54 yang artinya: “…Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya….”. Adapun ma’rifah artinya mengetahui atau mengenal Allah ketika Sufi mencapai suatu maqam dalam Tasawuf .
Mempelajari ilmu mahabbah dan ma’rifah sangat penting, karena perlu diketahui bahwa  manusia yang paling beruntung keadaannya di akhirat adalah manusia yang paling kuat rasa cintanya terhadap Allah SWT. dan dapat mengetahui hakikat Tuhan (ma’rifah).  Karena arti kata dari akhirat sesungguhnya adalah menghadap kepada Allah SWT. Dan menemukan kebahagiaan menemui-Nya. Namun tidak semua orang dapat sampai kepada tingkatan ma’rifah.
B.   Tujuan
Secara umum penulisan makalah ini untuk megetahui tentang mahabbah dan ma’rifah. Sedangkan secara khusus penulisan makalah ini bertujuan untuk menganalisis apa itu mahabbah dan ma’rifah dan bagaimana keterkaitannya.

0 komentar: